Senin, 19 Oktober 2009

Mengenal Microsoft Excel

Microsoft Excel 2003 adalah salah satu program spreadsheet yang canggih yang bekerja di bawah sistem operasi Windows.Memulai Microsoft Excel
Cara mengaktifkan program Microsoft Excel 2003 pada sistem operasi Microsoft Windows XP Professional.
Untuk memulai Microsoft Excel pada menu Classic Start adalah dengan mengklik tombol Start pada taskbar Windows, pilih menu Programs ► Microsoft Office ►Microsoft Excel 2003.

Menggunakan Menu
Menu pada Microsoft Excel digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Nama-nama menu ditampilkan pada bagian menu bar yang terdapat pada bagian atas layar. Untuk bekerja dengan menu, Anda dapat menggunakan fasilitas mouse maupun keyboard.
Memilih menu menggunakan mouse
Daftar perintah akan ditampilkan jika Anda mengklik salah satu menu yang ada. Untuk mengklik salah satu menu yang ada, arahkan pointer mouse ke menu yang akan Anda pilih, lalu klik menu tersebut. Sedangkan untuk memilih perintah, klik salah satu perintah menu yang ditampilkan.
Memilih menu menggunakan keyboard
Setiap nama menu yang ada pada menu bar memiliki huruf yang digarisbawahi. Anda dapat menekan tombol Alt dan karakter yang digarisbawahi untuk memilih menu. Sebagai contoh, jika Anda ingin memilih menu View, Anda cukup menekan tombol Alt dan karakter V  pada perintah menu tersebut.

Menggunakan Shortcut Menu
Untuk mempercepat pekerjaan yang sering dilakukan, Microsoft Excel menyediakan fasilitas shortcut menu. Anda dapat menampilkan shortcut menu dengan menggeser mouse pada objek tertentu dan klik kanan mouse.
Mengenal Workbook dan Worksheet

Setiap Anda menjalankan program Microsoft Excel 2003, sebuah workbook kosong akan terbuka. Workbook merupakan sebuah lembar kerja yang dapat digunakan untuk bekerja dan menampung data Anda.
Setipa workbook terdiri atas beberapa worksheet yang berfungsi untuk mengolah berbagai jenis data. Nama workbook merupakan file lembar kerja Excel yang sedang aktif. Ketika Microsoft Excel terbuka, workbook baru dengan Book1 akan tampil dan siap untuk dioperasikan.

Memindah Sel dalam Worksheet
Saat Anda memilih sel dengan mouse atau keyboard, berarti Anda mengaktifkan sel tersebut. Bila Anda telah mengaktifkan sebuah sel, Anda dapat mengetikkan data baru atau menyunting data yang berada dalam sel tersebut. Untuk memperbaiki data pada sel aktif, gunakan tombol F2 pada keyboard.
Sebuah worksheet terdiri atas beberapa kolom dan baris. Deretan nama kolom terletak pada bagian atas worksheet dan diistilahkan judul kepala kolom (column heading). Judul kepala kolom ditandai dengan huruf A sampai huruf IV, dengan jumlah keseluruhannya 256 kolom. Deretan nama baris terletak pada bagian samping kiri worksheet dan sering diistilahkan dengan judul kepala baris (row heading). Judul kepala baris ditandai dengan angka 1 sampai angka 65536.
Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), sedangkan kombinasi antara huruf kolom dan angka baris disebut alamat sel. Sebuah alamat sel dapat dibaca dari posisinya dalam baris dan kolom. Sebagai contoh, alamat sel yang terletak pada kolom A dan baris 1 adalah sel A1.

Memilih Sel dalam Range
Prosedur untuk memilih sel-sel yang sudah berisi data dalam suatu kolom atau baris adalah :
Klik sel yang pertama atau sel yang terakhir dalam suatu range.
Tekan dan tahan tombol Shift  dan klik dua kali pada bagian sisi dari sel yang aktif pada arah yang Anda kehendaki.
Menginputkan Data

Pada bahasan berikut akan diulas beberapa aturan tentang penulisan data input yang dibenarkan dalam Microsoft Excel serta beberapa cara untuk memasukkan data dalam worksheet.
Dengan Microsoft Excel, Anda dapat dengan mudah memasukkan, mengubah, menghapus, atau menambah data yang lain. Anda tidak perlu regu dalam menginputkan data. Anda juga dapat melakukan perubahan data yang pernah dimasukkan.

Memasukkan Data
Anda dapat memasukkan data teks, angka, tanggal, waktu, dan rumus dalam sembarang sel. Ketika Anda memasukkan data, Microsoft Excel secara otomatis akan mengenali data yang diinputkan sebagai data teks, angka, tanggal, atau waktu, termasuk rumus.
Untuk memasukkan data dalam sel worksheet, pilih sel yang akan diisi dengan data, ketik data yang Anda inginkan, dan tekan Enter atau Tab untuk memasukkan data yang telah Anda ketik. Gunakan Enter untuk meletakkan pointer pada baris berikutnya dan Tab untuk meletakkan pointer pada kolom berikutnya pada saat Anda memasukkan data yang telah Anda ketik.

Memasukkan Data dengan Cepat
Untuk memasukkan data yang sama ke dalam beberapa sel pada saat yang bersamaan dapat dilakukan dengan prosedur :
Pilih sel-sel dimana Anda ingin diisi data.
Ketik data dan tekan Ctrl + Enter.
Sebagai contoh, ikuti prosedur berikut dan perhatikan ilustrasi gambar di bawah. Bentuk range mulai dari sel A1 sampai B4, ketik teks Madcoms di sel A1, kemudian tekan Ctrl + Enter sehingga teks yang diketik akan diisikan pada setiap sel yang terpilih.



     A    B      
 1     Madcoms           
 2                
 3                
 4                
     A    B      
 1     Madcoms     Madcoms      
 2     Madcoms     Madcoms      
 3     Madcoms     Madcoms      
 4     Madcoms     Madcoms   



Proses input data kolom.

Fasilitas pengisian data dengan cepat ini sering digunakan untuk pengulangan pengisian data yang sama dalam sebuah kolom.
Fasilitas lain yang hampir sama fungsinya dengan fasilitas sebelumnya adalah apabila Anda mengetikkan beberapa karakter pertama dalam sel kolom, secara otomatis Microsoft Excel akan melengkapi penulisan karakter yang Anda ketikkan, dan tekan Enter untuk menerima input tersebut. Fasilitas ini dapat disebut dengan fasilitas teks otomatis.

Menyunting Data dalam Sel
Pada bagian ini Anda akan belajar beberapa cara untuk menyunting data dalam worksheet. Beberapa proses yang berkaitan dengan penyuntingan data adalah menghapus data, mengetikkan data baru pada suatu sel yang sudah memiliki data, atau mengubah beberapa karakter tertentu dalam suatu sel yang sudah ada.
Menyunting isi sel
Untuk menyunting karakter tertentu pada suatu sel, Anda dapat menggunakan perintah berikut :
Pilih sel, tekan tombol fungsi F2, lakukan perubahan dan tekan Enter.
Pilih sel, klik data yang akan disunting pada bagian formula bar, lakukan perubahan dan tekan Enter.
Klik dua kali sel yang mengandung data yang akan disunting, lakukan perubahan yang diinginkan dan Enter.
Menghapus isi sel
Untuk menghapus isi sel, pilih sel dan gunakan tombol Delete atau Backspace untuk menghapusnya, dan sel tersebut akan kembali kosong. Jika Anda ingin mengganti isi sel dengan data lain, ketik sebuah data baru pada posisi sel yang berisi data yang akan diganti, tekan Enter sehingga data input baru akan menimpa dan menggantikan data sebelumnya.
Ketika Anda menghapus isi sel dengan tombol Delete atau Backspace, Microsoft Office Excel hanya akan menghapus isi sel tersebut tanpa menghapus format atau komentar sel.
Menghapus isi, format, atau komentar sel
Prosedur yang dapat Anda lakukan untuk menghapus isi, format, atau komentar sel, yaitu :
Pilih sel, baris, atau kolom yang ingin dibersihkan isi, format, atau komentarnya.
Pilih perintah menu Edit ►Clear. Microsoft Excel akan menampilkan beberapa pilihan perintah berikut :
¨    All, untuk menghapus isi, format, dan komentar sel.
¨    Contents, hanya untuk menghapus isi sel.
¨    Formats, hanya untuk menghapus format sel.
¨    Comments, hanya untuk menghapus komentar sel.

Data Input Microsoft Excel 2003
Data input angka
Angka-angka yang dapat Anda inputkan dalam sel harus berupa suatu nilai. Dalam Microsoft Excel, sebuah angka hanya terdiri atas karakter-karakter berikut :
0  1  2  3  4  5  6  7  8  9  +  -  (  )  ,  /  $  %  .  E  e
Microsoft Excel akan menghilangkan penulisan awalan simbol plus (+) pada setiap penulisan data angka dan mempertahankan penulisan tanda titik (.) sebagai tanda pemisah angka desimal. Tulisan kombinasi antara angka dan karakter bukan angka oleh Microsoft Excel akan dianggap sebagai data bertipe teks.
Data input teks
Dalam Microsoft Excel, data teks merupakan kombinasi antara angka, spasi, dan karakter yang bukan bertipe numerik. Microsoft Excel menganggap data 10AA109, 127AXY, 12-2006, 208 4675 sebagai data bertipe teks.
Data input tanggal dan waktu
Microsoft Excel menganggap data input tanggal dan waktu sebagai data-data angka. Untuk menampilkan data angka ke dalam data berbentuk tanggal atau waktu dalam worksheet tergantung pada format angka yang diberikan.
Ketika Anda mengetikkan data tanggal atau waktu dalam sel worksheet, Microsoft Excel secara otomatis akan mengubah format angka dari format General menjadi format Date or Time. Pada kondisi default, tanggal dan waktu akan ditampilkan rata kanan. Jika Microsoft Excel tidak menampilkannya dalam format Date or Time, data tanggal dan waktu tersebut akan diterima sebagai data teks serta tampil rata kiri.

Memasukkan Data dalam Range
Apabila Anda telah memilih beberapa sel dalam suatu range, Anda dapat menghemat waktu dalam memasukkan data ke sebuah range sel.
Sebagai contoh, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Misalnya, bentuk range B6:D11. Pada sel aktif B6, ketikkan data dan kemudian tekan tombol Tab, sehingga sel aktif akan berpindah ke sel C6. Tombol Tab berfungsi untuk memindah posisi sel aktif ke bagian kanan dalam range.
Setelah pointer mencapai posisi sel di ujung paling kanan range, dan Anda menekan tombol Tab, maka sel aktif akan pindah ke sel pada kolom pertama dan pada baris berikutnya dalam range.
Setelah semua data dalam range terisi, untuk menghilangkan pengaruh range atau bentuk range, tekan sembarang tombol anak panah.
Untuk memindahkan posisi sel aktif dalam suatu range, Anda dapat menggunakan perintah-perintah yang tercantum pada tabel di bawah ini :

Memindahkan sel aktif dari    Tekan tombol      
Atas ke bawah    Enter      
Bawah ke atas    Shift + Enter      
Kiri ke kanan    Tab      
Kanan ke kiri    Shift    









Membuat Deret Data

Microsoft Excel memiliki fasilitas untuk membentuk deret data dengan prosedur yang mudah dan cara yang cepat. Deret dapat berbentuk urutan, baik dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Contoh penggunaan deret yang paling sering digunakan adalah membuat nomor urut. Untuk membentuk deret, Anda dapat menggunakan perintah atau memanfaatkan fasilitas Autofill dengan fill handle.

Membuat Deret Data Numerik
Bila Anda ingin membuat rangkaian data yang berbentuk numerik, seperti nomor urut, isi dua sel dengan nilai awal. Pilih kedua sel tersebut,kemudian arahkan mouse berubah menjadi simbol plus (+), klik fill handle dan geser ke kanan atau bawah. Pada saat Anda menggeser fill handle, sebuah kotak nilai akan tampil di kanan pointer mouse yang berfungsi menunjukkan nilai deret yang akan dihasilkan.

Membuat Deret Data Teks
Anda dapat membentuk deret dengan menggunakan data teks sebagai nilai awalnya. Misalnya, Anda akan membentuk deret dengan data “Triwulan 1” sampai dengan “Triwulan 5”. Pasang sebuah nilai awal “Triwulan 1” di suatu sel, klik dan geser fill handle ke arah bawah atau kanan.

Membuat Deret Data Nama Hari dan Bulan
Anda dapat membentuk deret berisi nama bulan dalam satu tahun atau nama hari dalam satu minggu dengan format bahasa Inggris. Perhatikan contoh berikut :

     A    B    C    D      
1    Nama Bulan    Nama Hari      
2    Jan    January    Sun    Sunday      
3    Feb    February    Mon    Monday      
4    Mar    March    Tue    Tuesday      
5    Apr    April    Wed    Wednesday      
6    May    May    Thu    Thursday      
7    Jun    June    Fri    Friday      
8    Jul    July    Sat    Saturday      
9    Aug    August    Sun    Sunday   







Hasil pembentukan deret nama bulan dan nama hari.
Membuat Deret Data Tanggal/Waktu
Microsoft Excel juga menyediakan beberapa fasilitas untuk membentuk deret data tanggal (date) dan waktu (time). Proses pembentukan deret data tanggal dan waktu memiliki cara yang tidak jauh berbeda dengan data numerik (angka). Berikut ini contoh bentuk deret yang dapat dibentuk untuk data tipe tanggal.

     A    B    C    D    E    F    G      
1    1-Jan-04    5-Jan-04    1-Jan-04    25-Jan-04    1-Jan-04    Jan-04    1-Jan      
2    2-Jan-04    10-Jan-04    29-Feb-04    25-Feb-04    1-Jan-05    Feb-04    10-Jan      
3    3-Jan-04    15-Jan-04    31-Mar-04    25-Mar-04    1-Jan-06    Mar-04    15-Jan      
4    4-Jan-04    20-Jan-04    30-Apr-04    25-Apr-04    1-Jan-07    Apr-04    20-Jan      
5    5-Jan-04    25-Jan-04    31-May-04    25-May-04    1-Jan-08    May-04    25-Jan      
6    6-Jan-04    30-Jan-04    30-Jun-04    25-Jun-04    1-Jan-09    Jun-04    30-Jan      
7    7-Jan-04    4-Feb-04    31-Jul-04    25-Jul-04    1-Jan-10    Jul-04    4-Feb      
8    8-Jan-04    9-Feb-04    31-Aug-04    25-Aug-04    1-Jan-11    Aug-04    9-Feb      
9    9-Jan-04    14-Feb-04    30-Sep-04    25-Sep-04    1-Jan-12    Sep-04    14-Feb      
10    10-Jan-04    19-Feb-04    31-Oct-04    25-Oct-04    1-Jan-13    Oct-04    19-Feb   
 Hasil pembentukan deret nama bulan dan nama hari

Bagian sel yang diblok menunjukkan nilai-nilai awal yang digunakan untuk membentuk deret data tanggal. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing pembentukan deret pada gambar di atas :
Deret pada kolom A
Nilai awal 1-Jan-04, menghasilkan deret yang memiliki nilai selisih tanggal 1 hari.
Deret pada kolom B
Menggunakan dua nilai awal, yaitu 5-Jan-04 dan 10-Jan-04, menghasilkan deret yang memiliki nilai selisih tanggal 5 hari.
Deret pada kolom C
Nilai awal pertama merupakan nilai akhir bulan Januari, yaitu 31-Jan-04; dan nilai awal kedua merupakan nilai akhir bulan untuk bulan Februari, yaitu 29-Feb-04. Microsoft Excel akan mengindikasikan bahwa nilai deret untuk setiap akhir bulan, sehingga deret yang dihasilkan tidak memperhatikan nilai selisih tanggal tapi berorientasi pada setiap akhir bulan.
Deret pada kolom D
Nilai awal pertama 25-Jan-04 dan nilai awal kedua 25-Feb-04, maka akan tampil nilai deret untuk tiap tanggal 25 pada bulan berikutnya.

Deret pada kolom E
Untuk nilai awal pertama 1-Jan-04 dan nilai awal kedua 1-jan-05, akan menghasilkan nilai deret untuk tiap tanggal 1 Januari pada tahun berikutnya, atau nilai selisih berjangka 1 tahun.
Deret pada kolom F
Nilai awal deret pertama Jan-04 memiliki arti yang sama dengan nilai tanggal 1-jan-97, akan menampilkan deret dengan nilai selisih berjangka waktu 1 bulan.
Deret pada kolom G
Nilai awal deret pertama 5-Jan dan nilai awal deret kedua 10-Jan memiliki arti yang sama dengan nilai tanggal 5-Jan-04 dan 10-Jan-04, dengan mengambil nilai tahun yang berlaku di dalam sistem komputer Anda (Misalnya tahun yang berlaku saat ini adalah tahun 2004). Untuk nilai-nilai awal tersebut, Microsoft Excel akan menampilkan deret dengan nilai selisih waktu 5 hari.

Membentuk Deret Sendiri
Selain bentuk-bentuk deret data standar yang disediakan Microsoft Excel, Anda juga dapat membentuk daftar deret sesuai dengan ketentuan dan keinginan Anda. Prosedur yang dapat Anda gunakan untuk membentuk daftar deret sendiri (custom list) adalah :
Pilih perintah menu Tools ►Options, sehingga akan muncul kotak dialog Options dan pilih tabulasi Custom Lists.
Microsoft Excel menyediakan empat bentuk deret standar, yaitu nama hari dan nama bulan dalam bahasa Inggris baik dengan bentuk penulisan lengkap maupun dengan penulisan tiga karakter awal.
Dalam daftar Custom Lists, pilih menu NEW LIST.
Dalam daftar List Entries, ketik Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, dengan setiap penulisan data deret dipisahkan oleh penekanan tombol Enter.
Klik tombol Add sehingga daftar deret yang Anda tulis akan ditambahkan pada daftar Custom Lists. Atau, gunakan tombol Delete untuk menghapus daftar deret yang terdapat di dalam kotak daftar Custom Lists.
Klik OK untuk mengakhiri proses.

Selanjutnya Anda sudah dapat menggunakan daftar deret tersebut. Bentuk deret yang dihasilkan disesuaikan dengan sumber datanya. Jika data awal yang Anda siapkan berbentuk huruf kapital, maka semua deret yang dihasilkan akan berbentuk huruf kapital. Perhatikan ilustrasi berikut :

     A    B    C      
1    Senin    RABU    kamis      
2    Selasa    KAMIS    jumat      
3    Rabu    JUMAT    sabtu      
4    Kamis    SABTU    minggu      
5    Jumat    MINGGU    senin      
6    Sabtu    SENIN    selasa      
7    Minggu    SELASA    rabu   
  





Contoh hasil penulisan deret.

Dalam menuliskan data deret yang akan Anda buat, Anda tidak boleh membentuk data deret yang nilai pada urutan pertamanya berupa data angka, seperti 111, AAA, 222, BBB, dan seterusnya.



















Otomatisasi dan Pencarian Data

Fasilitas AutoCorrect
Microsoft Excel menyediakan fasilitas yang digunakan untuk mengoreksi kata/teks secara otomatis. Mengoreksi kata/teks mempunyai pengertian mengganti teks yang diketikkan dengan teks lain secara otomatis, namun Anda harus menuliskan kedua teks tersebut (teks yang akan diganti dengan teks pengganti) pada Microsoft Excel.
Selain untuk mengoreksi teks secara otomatis, fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk mempersingkat dan mempercepat proses pengetikan. Misalkan, Anda sering menggunakan teks “LPKBM MADCOMS”, maka Anda dapat menuliskan teks tersebut dengan singkatan “mcs”. Sehingga, pada saat Anda mengetik teks “mcs” dan menekan spasi, maka Microsoft Office Excel akan langsung menggantinya dengan teks “LPKBM MADCOMS”.
Menambah atau membuat isi AutoCorrect
Pilih perintah menu Tools ► AutoCorrect, sehingga muncul kotak dialog AutoCorrect.
Pada kotak dialog AutoCorrect, pastikan bahwa kotak cek Replace text as you type dalam keadaan aktif.
Ketik teks yang akan diganti pada kotak Replace dan teks pengganti pada kotak With.
Tekan tombol Add untuk menambahkan teks-teks tersebut pada daftar AutoCorrect dan klik OK.
Menghapus isi AutoCorrect
Anda dapat menghapus isi AutoCorrect dengan mengaktifkan kotak dialog AutoCorrect. Pilihlah salah satu isi AutoCorrect pada daftar yang akan dihapus dan tekan tombol Delete.
Untuk mematikan kemampuan koreksi otomatis, pada kotak dialog AutoCorrect, matikan pilihan pada kotak cek Replace text as you type.



 Mencari dan Menggati Data
Dengan perintah menu Edit ► Find, Anda dapat mencari data yang berupa nilai (value), rumus (formula), dan komentar (comment). Untuk mencari dan mengganti item tersebut, pilihlah tabulasi Replace yang terdapat pada kotak dialog Find and Replace. Anda dapat mencari teks atau angka tertentu untuk dibaca atau diganti dengan data yang lain. Anda dapat mencari data yang Anda inginkan pada semua sel dalam suatu worksheet.
Mencari teks atau angka
Adapun prosedur yang dapat Anda gunakan untuk mencari data teks atau angka adalah sebagai berikut :
Pilih range dari sel-sel yang akan Anda cari datanya, atau pilih sembarang sel untuk mencari data pada seluruh sel dalam suatu worksheet.
Pilih perintah menu Edit ► Find, atau tekan Ctrl+F, sehingga tampil kotak dialog Find and Replace.
Klik tombol Options untuk mencari data berdasarkan suatu kriteria tertentu dan menampilkan daftar pilihan perintah.
Pada kotak teks Find what, ketik data teks atau angka yang akan Anda cari.
Klik Find Next untuk memulai pencarian data, atau tekan Esc untuk membatalkan proses pencarian.
Mengganti teks atau angka
Adapun prosedur yang dapat Anda gunakan untuk mencari dan mengganti data teks atau angka adalah sebagai berikut :
Pilh range dari sel-sel yang akan dicari datanya, atau pilih sembarang sel untuk mencari data pada seluruh sel dalam worksheet.
Pilih perintah Edit ► Replace, atau tekan Ctrl+H.
Pada kotak Find what, ketik data teks atau angka yang akan Anda cari.
Dalam kotak Replace with, ketik teks atau angka penggantinya.
Klik Find Next untuk memulai pencarian data. Untuk mengganti teks atau angka yang telah ditemukan, klik tombol Replace. Untuk mengganti semua teks atau angka yang dapat ditemukan, klik tombol Replace All.



Mengolah Sel, Kolom, dan Baris

Menggabungkan Beberapa Sel
Menggabungkan sel berfungsi memadukan beberapa kolom atau baris. Microsoft Excel hanya menempatkan data pada bagian sel paling kiri dalam range yang terpilih ke dalam sel yang tergabung. Untuk menyertakan semua data dalam range dalam sel yang tergabung, salinlah data ke dalam sel bagian kiri atas dalam range. Prosedur yang dapat dilakukan untuk menggabungkan beberapa sel adalah :
Pilih sel-sel yang ingin digabung.

     A    B    C    D      
1    No    Nama    Gaji           
2         Karyawan    Pokok    Bersih       
3    1    Rahmad    950000    1045000      
4    2    Widi    900000    990000      
5    3    Wahyu    850000    935000      
6    4    Agung    850000    935000      
7    5    Purwanto    800000    880000      
     A    B    C    D      
1         Nama    Gaji           
2         Karyawan    Pokok    Bersih      
3    1    Rahmad    950000    1045000      
4    2    Widi    900000    990000      
5    3    Wahyu    850000    935000      
6    4    Agung    850000    935000      
7    5    Purwanto    800000    880000   
Untuk menggabungkan sel-sel dalam baris atau kolom dan menengahkan isi sel, klik tombol Merge and Center.
Proses penggabungan beberapa sel.

     A    B    C    D      
1         Nama    Gaji      
2         Karyawan    Pokok    Bersih      
3    1    Rahmad    950000    1045000      
4    2    Widi    900000    990000      
5    3    Wahyu    850000    935000      
6    4    Agung    850000    935000      
7    5    Purwanto    800000    880000   
Gambar di atas menunjukkan proses untuk menggabungkan beberapa sel pada kolom yang sama menjadi satu. Sementara itu, gambar di bawah ini menunjukkan proses untuk menggabungkan beberapa sel pada baris yang sama menjadi satu.

     A    B    C    D      
1         Nama    Gaji           
2         Karyawan    Pokok    Bersih      
3    1    Rahmad    950000    1045000      
4    2    Widi    900000    990000      
5    3    Wahyu    850000    935000      
6    4    Agung    850000    935000      
7    5    Purwanto    800000    880000   

Proses penggabungan beberapa sel.
Selain itu, untuk menggabungkan beberapa sel yang terpilih dalam baris atau kolom, pilihlah perintah menu Format ► Cells, klik tab Alignment, dan pilih kotak cek Merge cells.
Untuk membuat perubahan perataan teks secara vertical, gunakan perintah menu Format ► Cells. Kliklah tab Alignment dan pilihlah opsi yang terdapat pada bagian kotak combo Vertical.
Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa pilihan perintah perataan secara vertikal :
Top, isi sel rata pada bagian atas.
Center, isi sel rata pada bagian tengah vertikal.
Bottom, isi sel rata pada bagian bawah.
Justify, isi sel rata pada bagian atas dan bawah.
Distributed, isi sel didistribusikan secara vertikal di dalam sel.

Mengolah Kolom dan Baris
Anda dapat menyesuaikan lebar kolom dan tinggi baris sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menentukan lebar yang berlaku (lebar default) pada kolom-kolom suatu worksheet serta membentuk agar semua kolom memiliki lebar yang sama, kecuali untuk kolom yang pernah mengalami perubahan lebar kolom.
Mengubah lebar kolom
Prosedur untuk mengatur lebar kolom adalah dengan menggeser garis batas kolom (grid) yang terletak pada sisi kanan judul kepala kolom sampai batas lebar tertentu yang diinginkan. Ketika Anda menggeser garis batas kolom, kotak penunjuk akan tampil dan menunjukkan lebar kolom.
Untuk mengubah lebar beberapa kolom secara bersamaan, pilihlah kolom-kolom tersebut dan geserlah salah satu garis batas kolom dari judul kepala kolom yang terpilih. Untuk mengubah lebar semua kolom pada worksheet, klik tombol Select All dan geser garis batas kolom pada salah satu judul kepala kolom yang ada.
Untuk membuat agar lebar kolom disesuaikan dengan ukuran panjang karakter-karakter dalam sel pada suatu kolom, klik dua kali pada posisi garis batas judul kepala kolom tersebut.
Mengubah tinggi garis
Untuk mengubah tinggi beberapa baris secara bersamaan, pilih baris-baris tersebut dan geser salah satu garis batas baris dari judul kepala baris yang terpilih. Untuk mengubah tinggi semua baris pada worksheet, klik tombol Select All dan geser garis batas baris pada salah satu judul kepala baris. Untuk membuat agar tinggi baris sesuai dengan tinggi dari isi baris tersebut, klik dua kali garis batas baris pada judul kepala baris tersebut.
Menghapus baris atau kolom
Untuk menghapus baris atau kolom, ikuti langkah berikut :
Pilih baris atau kolom yang akan dihapus.
Pilih perintah menu Edit ► Delete.
Menyisipkan baris atau kolom
Untuk menyisipkan baris/kolom kosong, ikuti langkah berikut :
Pindahkan posisi sel aktif ke salah satu alamat sel di mana baris atau kolom baru akan disisipkan.
Pilih perintah menu Insert ► Columns untuk menyisipkan kolom, atau Insert ► Rows untuk menyisipkan baris.

Melipat Teks dalam Sel
Melipat teks dalam sel sering digunakan jika Anda mengetikkan teks yang panjang dalam sel. Prosedur yang dapat digunakan untuk melipat teks dalam sel adalah :
Pilih sel-sel yang ingindiformat. Pilih perintah menu Format ► Cells dan klik tab Alignment.

     A    B      
1    LPKBM MADCOMS MADIUN      
2                
3             
Pada bagian Text control, aktifkan kotak cek

     A      
1    LPKBM MADCOMS MADIUN   



Proses pelipatan teks dalam sel.
Selain itu, untuk melipat teks dalam sel, klik teks dalam formula bar di mana Anda ingin memisahkan baris, tekan tombol Alt+Enter.







Menyalin dan Memindah Data

Menyalin Isi Sel
Menyalin isi sel dengan copy dan paste
Untuk menyalin isi sel dengan perintah Copy-Paste, ikuti langkah berikut :
Aktifkan sel yang akan Anda salin, atau bentuk range jika jumlah sel yang akan disalin lebih dari satu.
Pilih perintah menu Edit ► Copy, atau tekan tombol Copy pada toolbar Standard, atau tekan Ctrl+C untuk menjalankan perintah Copy.
Pindahkan serl aktif ke alamat sel tujuan, di mana hasil salinan akan diletakkan.
Pilih perintah menu Edit ► Paste, atau tekan tombol Paste pada toolbar Standard, atau tekan Ctrl+V untuk menjalankan perintah Paste, atau tekan tombol Enter.
Menyalin isi sel dengan drag and drop
Untuk menyalin isi sel dengan fasilitas drag and drop, ikuti langkah-langkah berikut :
Pilih sel yang akan disalin atau bentuk range jika jumlah sel yang akan disalin lebih dari satu.
Tekan dan tahan Ctrl, kemudian letakkan mouse pada posisi garis batas sel atau range sampai pointer mouse berubah bentuk menjadi panah dengan tanda plus (+).
Klik dan geser mouse sampai muncul kotak bayangan yang ikut bergeser membayangi gerakan mouse.
Letakkan kotak bayangan tersebut pada posisi di mana hasil salinan akan diletakkan, dan lepaskan tombol mouse.

Memindah Isi Sel
Memindah isi sel dengan cut dan paste
Untuk memindah isi sel dengan perintah Cut dan Paste, ikuti langkah-langkah berikut :
Aktifkan sel yang akan Anda pindah, atau bentuk range jika jumlah sel yang akan Anda pindah lebih dari satu.
Pilih perintah menu Edit ► Cut, atau tekan tombol Cut pada toolbar Standard, atau tekan Ctrl+X untuk menjalankan perintah Cut.
Pindahkan sel aktif ke alamat sel di mana hasil pindahan akan diletakkan.
Pilih perintah menu Edit ► Paste, atau tekan tombol Paste pada toolbar Standard, atau tekan Ctrl+V untuk perintah Paste, atau tekan tombol Enter.
Memindah isi sel dengan drag and drop
Untuk memindahkan isi sel dengan fasilitas drag and drop, ikuti langkah-langkah berikut :
Aktifkan sel yang akan dipindah isinya, atau bentuk range jika jumlah sel yang dipindahkan isinya lebih dari satu.
Letakkan pointer mouse pada posisi garis batas sel atau range sampai pointer mouse berubah bentuk menjadi tanda panah.
Klik dan geser mouse sehingga sebuah kotak bayangan akan ikut bergeser membayangi gerakan mouse.
Letakkan kotak bayangan tersebut pada posisi di mana hasil pemindahan isi sel aikan diletakkan, dan lepaskan mouse.

Menambahkan Komentar
Prosedur yang dapat dilakukan untuk menambahkan komentar dalam sel adalah
Pilih sel yang akan diisi dengan komentar.
Pilih perintah menu Insert ► Comment.
Pada sel yang terpilih akan tampil tanda segitiga merah yang terletak pada sudut kanan atas sel yang menunjukkan bahwa sel tersebut mengandung komentar dan kontak kerja Comment akan terbuka.
Ketik teks komentar yang Anda inginkan pada kotak Comment yang ditampilkan.
Untuk mengakhiri proses penambahan komentar, klik sembarang sel dalam worksheet.





Menjelajahi Workbook

Dalam Microsoft Excel, file juga disebut workbook. Workbook dapat mengandung beberapa worksheet, lembar kerja grafik, dan modul-modul Visual Basic.
Saat bekerja dengan workbook pada Microsoft Excel, Anda dapat berpindah dari satu worksheet ke worksheet lain dengan mudah, memasukkan data ke dalam lebih dari satu worksheet sekaligus, dan memberi nama pada setiap worksheet yang digunakan sehingga lebih mudah dikenali. File workbook disimpan dengan ekstensi .XLS.

Mengenal Workbook
Dalam suatu workbook, Anda dapat berpindah dari satu worksheet ke worksheet lain dengan cara mengklik tab worksheet yang terdapat pada bagian kiri batang penggulung horizontal. Tab worksheet berisi nama-nama worksheet. Setiap worksheet akan diberi nama dan setiap Anda membuka workbook baru, nama worksheet itu masih merupakan nama default, yaitu Sheet1, Sheet2, Sheet3, dan seterusnya. Workbook yang sedang aktif ditandai dengan warna latar belakang putih.
Selain mengklik tab sheet untuk mengaktifkan worksheet, Anda juga dapat menggunakan keyboard untuk memilih worksheet aktif. Tekan Ctrl+Page Down untuk mengaktifkan worksheet berikutnya dan Ctrl+Page Up untuk mengaktifkan worksheet sebelumnya.

Mengolah Workbook
Membuat workbook baru
Saat pertama kali Anda membuka program Microsoft Excel, sebuah lembar kerja yang masih kosong dengan nama Book1 akan ditampilkan, sehingga Anda dapat langsung bekerja dengan lembar kerja tersebut. Namun apabila Anda ingin membuat workbook baru untuk melakukan pekerjaan yang lain, Anda dapat menggunakan perintah menu File ► New sehingga tampil task pane New Workbook pada bagian kanan lembar kerja Microsoft Excel.
Untuk membuat workbook baru yang masih kosong, klik pilihan Blank Workbook yang terletak pada bagian New.
Selain itu, Anda dapat menggunakan variasi tombol Ctrl+N atau klik tombol New untuk membuka sebuah workbook baru yang masih kosong dengan cepat.
Menyimpan Workbook
Prosedur yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan sebuah file workbook adalah :
Pilih perintah menu File ► Save atau klik tombol Save pada bagian toolbar Standard, sehingga muncul kotak dialog Save As.
Pilih menu drive tujuan pada bagian Save In, dan klik dua kali pada folder tujuan untuk menyimpan file workbook.
Ketik nama file workbook pada kotak teks File Name.
Klik tombol Save untuk menyimpannya.
Sebuah file workbook akan disimpan dengan nama file berekstensi .xls. Ketentuan jumlah maksimal karakter untuk menuliskan nama file adalah 255 karakter, sedangkan ekstensi nama file terdiri atas tiga karakter.
Membuka workbook
Prosedur yang dapat Anda gunakan untuk membuka sebuah workbook dari hard disk atau drive network adalah :
Klik tombol Open, atau pilih perintah menu File ► Open, atau tekan tombol Ctrl+O, sehinggan terbuka kotak dialog Open.
Dalam kotak Look In, klik lokasi drive dan folder yang menampung file workbook.
Pilih nama file workbook dan klik Open.
Untuk membuka file yang posisinya tidak berurutan, klik nama file yang pertama, tekan dan tahan tombol Ctrl dan klik nama-nama file lain.
Untuk membuka beberapa file yang posisinya berurutan, klik nama file yang pertama, tekan dan tahan tombol Shift dan klik nama file yang terakhir.
Menutup workbook
Untuk menutup file workbook yang terbuka, pilih perintah menu File ►Close.
Sedangkan untuk menutup semua file workbook yang terbuka tanpa keluar dari program Microsoft Excel, tekan dan tahan tombol Shift dan klik perintah menu File ► Close All.
Membuat Rumus

Anda dapat menghitung data dengan menggunakan rumus yang dibentuk dari operator data atau terdiri atas beberapa fungsi. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi yang dapat Anda gunakan dalam rumus. Rumus yang akan Anda bentuk dapat Anda tulis pada bagian formula bar atau dengan fasilitas Function Wizard. Dalam Microsoft Excel, Anda dapat mengawali penulisan rumus dengan tanda = (sama dengan).
Anda dapat memanfaatkan operator matematika untuk membangun suatu rumus. Tabel di bawah ini menjelaskan urutan derajat pembacaan operator matematika yang dapat Anda gunakan untuk membangun rumus dan contoh-contoh penulisan rumus matematika sederhana.

Operator    Arti    Contoh      
( )    Mengelompokkan operasi matematika    = (4 + 5) * (12 / 3)      
ˆ    Perpangkatan     = 8 * * 5
= 8 ˆ 5      
* dan /    Perkalian dan pembagian    = 21 * 7
= 21 / 7      
+ dan -    Penjumlahan dan pengurangan    = 25 + 55
= 20 – 35      
%    Persen     = 25 * 100%      
&    Menggabungkan dua data teks    = “Maju” & “Jaya”   

Pada kondisi default, Microsoft Excel menghitung rumus dari kiri ke kanan, dimulai dari simbol sama dengan (=). Meskipun begitu, Anda dapat mengatur bagaimana perhitungan suatu rumus akan dilakukan.
Selain operator matematik, terdapat beberapa pembanding yang dapat Anda gunakan untuk membentuk rumus.

Operator    Arti    Contoh      
=    Sama dengan    A1 = B1      
>    Lebih besar dari    A1 > B1      
<    Lebih kecil dari    A1 < B1      
>=    Lebih besar dari atau sama dengan    A1 >= B1      
<=    Lebih kecil dari atau sama dengan     A1 <= B1      
<>    Tidak sama dengan    A1 <> B1   


Memasukkan rumus
Anda dapat membuat beberapa variasi rumus, mulai dari rumus sederhana dengan operator matematik sampai rumus perhitungan yang kompleks. Prosedur untuk memasukkan rumus adalah :
Klik suatu sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan rumus.
Ketik = (sama dengan) untuk mengawali penulisan rumus.
Masukkan rumus yang diinginkan.
Tekan Enter.
Anda dapat memasukkan rumus yang sama ke dalam range dengan memilih range tersebut, mengetikkan rumus, dan tekan Ctrl+Enter.

Menghitung Data Secara Otomatis
Microsoft Excel menyediakan cara yang mudah dan praktis untuk menjumlahkan data dalam baris atau kolom, yaitu dengan menggunakan tombol AutoSum atau dengan menekan variasi tombol Alt + =.
Tombol AutoSum terdapat pada bagian toolbar Standard. Pada umumnya Anda dapat menggunakan fasilitas AutoSum ini untuk keperluan-keperluan sebagai berikut :
Untuk menjumlahkan data baris atau kolom dalam range yang paling dekat dengan sel aktif.
Untuk menjumlahkan data dalam range yang terpilih.
Untuk menjumlahkan data secara keseluruhan dalam suatu jumlah grand total.
Selain untuk menjumlahkan data, tombol AutoSum juga dapat digunakan untuk melakukan proses perhitungan lain, yaitu :
¨    Sum, untuk menjumlahkan sekelompok data angka/numeric dalam suatu range.
¨    Average, untuk menghitung nilai rata-rata dari sekelompok data angka/numerik dalam suatu range.
¨    Count, untuk menghitung banyak data dari sekelompok data angka/numerik dalam suatu range.
¨    Max, untuk mencari nilai tertinggi dari sekelompok data angka numerik dalam suatu range.
¨    Min, untuk mencari nilai terendah dari sekelompok data angka/numerik dalam suatu range.

Membuat Rumus Menggunakan Acuan
Pengertian acuan
Ada tiga bentuk acuan yang dikenal Microsoft Excel, yaitu relative references (alamat sel relatif), absolute references (alamat sel absolut), dan mixed references (alamat sel campuran), dengan penjelasan sebagai berikut :
Relative references, atau acuan alamat sel relatif. Contoh bentuk penulisannya adalah A1. Microsoft Excel menggunakan alamat sel A1 sebagai acuan untuk penulisan alamat sel lain pada rumus secara berurutan menurut baris dan kolom.
Absolute references, atau acuan alamat sel absolut yang merupakan alamat sel tetap. Contoh penulisannya adalah $A1. Acuan alamat sel absolut ditandai dengan simbol $ di depan huruf kolom dan nomor baris. Anda dapat menggunakan acuan alamat sel absolut di dalam rumus dan Microsoft Excel akan mengambil nilai yang ada pada alamat sel tersebut secara tetap.
Mixed references, atau acuan alamat sel campuran. Acuan alamat sel campuran dapat berbentuk alamat sel absolut baris atau absolute kolom. Contoh penulisan alamat sel absolut kolom adalah $A1, artinya posisi kolom absolut dan alamat sel baris relatif. Contoh lain adalah A$1; di sini alamat sel kolom bersifat relatif dan alamat sel baris bersifat absolut.
Pengertian operator acuan
Microsoft Excel memiliki tiga tipe operator acuan, yaitu :
Range. Membuat acuan yang isinya semua sel yang berada di antara dua acuan. Contoh : =SUM(A1:C10).
Union. Membuat satu acuan yang isinya dua atau lebih acuan. Contoh : =SUM(A2:B5,D5,E2:F5).
Intersection. Alamat sel atau range yang merupakan perpotongan dari dua range. Contoh : =SUM(B5:G5 D4:D9).
Memaksimalkan Penggunaan Rumus

Memberi Nama Range
Range adalah sekelompok alamat sel. Anda dapat membuat nama range pada worksheet untuk menggambarkan alamat sel, range, rumus, atau isi suatu sel.
Bila Anda perlu merujuk ke suatu range dalam suatu rumus, Anda dapat menuliskan range dengan alamat selnya, atau memberi nama range kemudian menggunakannya dalam suatu rumus. Penggunaan nama range dapat menghemat waktu, karena cara kerjanya tang cepat.
Sebagai contoh, jika tabel mengandung data penjualan dalam kolom yang bernama range Jan dan baris yang bernama Madiun, Anda dapat menentukan data penjualan Madiun dengan rumus = Madiun Jan. spasi di antara penulisan nama range dalam rumus digunakan sebagai operator pemisah, yang akan menghasilkan nilai-nilai dalam sel pada perpotongan nama range baris Madiun dan nama range kolom Jan.
Petunjuk penulisan yang benar untuk nama range pada sel, rumus, dan isi dalam Microsoft Excel adalah :
Karakter pertama nama range harus berupa huruf atau karakter garis bawah. Karakter berikutnya dapat berupa huruf, angka, titik, dan karakter garis bawah.
Nama range tidak boleh sama penulisannya dengan alamat sel, seperti Z$100 atau R1C1.
Spasi tidak diizinkan. Karakter garis bawah dan titik dapat digunakan sebagai kata pemisah. Contohnya, Madiun.Jan atau Madiun_Jan. jumlah maksimal karakter untuk sebuah nama range adalah 255 karakter.
Nama range penulisannya dapat mengandung huruf besar dan kecil. Microsoft Excel tidak membedakan antara penulisan huruf besar dan kecil dalam nama range. Sebagai contoh, jika Anda telah membuat nama range Madiun dan kemudian membuat nama range lain dengan MADIUN dalam workbook yang sama, maka nama range kedua yang dibentuk tersebut akan menggantikan nama range yang pertama.


Nama range dalam workbook
Anda dapat memberi nama sel tunggal atau kumpulan sel (range) untuk membuat rumus lebih mudah dibaca dan diingat.
Jika Anda mempunyai nama range baris dan kolom pada worksheet, Anda dapat menggunakannya secara langsung dalam rumus, atau Anda dapat menggunakannya sebagai nama-nama yang menunjukkan alamat sel tertentu. Anda dapat membuat nama range yang menunjukkan alamat sel tunggal atau range yang sama pada lebih dari satu worksheet. Anda tidak dapat memberi nama sel jika Anda sedang mangubah isi sel.
Memberi nama range dengan name box
Prosedur untuk memberi nama range dengan fasilitas Name Box (kotak nama) adalah cara yang paling cepat dan praktis. Ikuti langkah berikut untuk memberi nama suatu range :
Bentuk range yang terdiri atas satu sel atau lebih.
Klik pointer mouse pada kotak teks Name Box.
Di dalam Name Box , ketik nama range tersebut. Tekan Enter untuk mengakhiri proses pembuatan nama range.
Menghapus nama range
Nama range yang sudah tidak terpakai dapat Anda hapus. Untuk menghapus nama range, aktifkan kotak dialog Define name, pilih nama range yang akan Anda hapus dalam daftar, kemudian tekan tombol Delete. Tekan tombol Close untuk menutup kotak dialog Define Name.
Menggunakan nama range
Setelah Anda membuat nama range, Anda bias mulai untuk menggunakan nama range tersebut. Misalnya Anda ingin menuju ke alamat range tertentu, maka Anda cukup menekan tombol Name Box dan dari daftar nama range yang tampil, pilih nama range yang akan Anda tuju
Anda juga bias menggunakan nama range sebagai ganti alamat range di dalam rumus. Nama range berbentuk absolut mutlak. Miasalnya, =SUM(JAN). Untuk menempatkan nama range, Anda bias menggunakan kotak Name Box atau mengetikkannya secara langsung di dalam rumus atau pilih perintah menu Insert ► Name ► Paste. Pilih nama range yang akan Anda pakai pada daftar nama range, kemudian tekan OK.
Pengertian Acuan 3-D
Untuk membuat acuan yang berupa range worksheet, Anda dapat mengetikkannya secara langsung, atau Anda dapat memilih tab sheet dengan mouse untuk menunjukkan posisi sheet awal dan sheet akhir.
Sebagai contoh, Anda akan menjumlahkan data yang ada di range A5:A10 yang terdapat pada Sheet2 sampai Sheet6, dan hasilnya ditempatkan di sel B10 pada Sheet1. untuk itu, ikutilah prosedur berikut :
Aktifkan Sheet1 dan pindahkan sel aktif pada alamat sel B10.
Ketik =SUM(
Aktifkan Sheet2, lalu ketik range A5:A10.
Tekan tombol Shift dan tahan, lalu klik tab sheet Sheet6.
Tekan Enter.
Memindah atau menyalin rumus
Ketika Anda memindah suatu alamat sel yang berisi rumus, rumus yang terdapat di dalam alamat sel tersebut tidak mengalami perubahan. Ketika Anda menyalin suatu alamat sel yang berisi rumus, rumus tidak mengalami perubahan jika alamat selnya absolut, dan akan mengalami perubahan jika rumus tersebut mengandung alamat sel relatif.
Prosedur yang dapat Anda lakukan untuk memindah atau menyalin alamat sel atau range yang berisi rumus adalah :
Pilih alamat sel atau range yang beris rumus yang akan dipindah atau disalin.
Arahkan pointer mouse pada garis bingkai (border) alamat sel atau range yang terpilih.
Untuk memindah alamat sel atau range tersebut, geser alamat sel atau range yang terpilih tersebut ke lokasi yang lain. Untuk memindah alamat sel atau range tersebut, tekan dan tahan Ctrl serta geser alamat sel atau range yang terpilih tersebut ke lokasi yang lain.






Memformat Worksheet

Ketika Anda bekerja dengan sebuah worksheet yang akan digunakan sebagai bahan presentasi atau laporan, informasi yang diberikan harus jelas dan mudah dipahami. Anda dapat memformat data sehingga informasi menjadi lebih komunikatif dan lebih bermakna. Untuk memformat worksheet, Anda dapat menggunakan fasilitas AutoFormat, tombol Format Painter dan tomboltombol format yang terdapat pada toolbar Formatting.

Menggunakan Toolbar Formatting
Pada kondisi default, Microsoft Excel akan menampilkan toolbar Formatting. Toolbar ini berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan perintah memformat sel.

Memformat Data dengan Menu
Jika Anda memerlukan bentuk format sel yang lebih luas, gunakanlah menu Format ► Cells dan Microsoft Excel akan menampilkan koyak dialog Format Cells.
Kotak dialog Format Cells terdiri atas 6 tab, yaitu Number, Alignment, Font, Border, Pattern, dan Protection. Aktifkan tab yang dibutuhkan untuk memformat data atau sel pada worksheet.

Memformat Data atau Sel
Format font
Membuat variasi bentuk huruf pada suatu laporan akan menjadikan laporan tersebut lebih menarik dan mudah dipahami. Cara memformat font yang paling cepat adalah menggunakan tombol Font yang terdapat pada toolbar Formatting.
Pilih salah satu nama font pada daftar dan gunakan batang penggulung untuk menggulung dan menampilkan daftar nama font yang lain. Untuk mengatur ukuran font (Font Size), tekan tombol drop down pada tombol Font Size dan pilih ukuran yang Anda inginkan. Jika ingin memformat font dengan format cetak tebal (bold), cetak miring (italic) atau garis bawah (underline), gunakan fasilitas tombol Bold, Italic, dan Underline pada toolbar Formatting.
Format border
Memformat sel atau range dengan border berarti memberi batas dengan garis (garis bingkai) antara satu sel dengan sel lain. Pilih sel atau range yang akan diformat, dan gunakan tombol Borders untuk memilih dan memformat garis bingkai dengan cepat.
Format Alignment
Format Alignment untuk mengatur perataan data. Untuk memformat perataan data pada sel dengan cepat, pilih sel atau range dan gunakan tombol Align Left, Center, atau Align Right.
Anda bisa memformat data dengan bentuk rata tengah terhadap kolom-kolom atau baris-baris yang Anda pilih dengan menggunakan tombol Merge and Center.
Format color and patterns
Untuk memberi warna pada sel atau range dengan cepat, gunakan tombol Fill Color pada toolbar Formatting, lalu pilih warna yang Anda kehendaki.
Cara lain, Anda bisa menggunakan tab Patterns, selain Anda dapat memilih warna sel atau range, Anda juga dapat menentukan bentuk arsiran pada sel atau range dengan menekan tombol Patterns.
Untuk menentukan hasil yang Anda inginkan, perhatikan pilihan yang telah Anda tentukan pada kotak Sample.













Memformat Data

Memformat Data dengan AutoFormat
Memformat worksheet dengan AutuFormat berarti menggunakan fasilitas format yang disediakan Microsoft Office Excel. Untuk menggunakan fasilitas AutoFormat, ikutilah langkah-langkah berikut :
Pilih range yang akan diformat.
Pilih perinyah menu Format ► AutoFormat, sehingga kotak dialog AutoFormat akan ditampilkan.
Pilih salah satu bentuk format yang diinginkan dengan cara memilih pada kotak dialog AutoFormat.
Pada satu nama AutoFormat terpasang beberapa format, seperti Number, Font, Border, Patterns, Alignment, dan Width/Height. Anda dapat memilih format tertentu yang Anda pakai dari suatu nama AutoFormat. Caranya, pada kotak dialog AutoFormat tekan tombol Options, pilih atau matikan kotak cek dari masing-masing pilihan format yang ada dan kemudian tekan OK.

Menyalin Format ke Sel Lain
Anda dapat menyalin format yang ada pada suatu sel ke sel lain atau range lain dengan cepat dengan menggunakan tombol Format Painter yang terdapat pada toolbar Standard. Untuk menyalin format, ikuti langkah berikut :
Letakkan pointer pada sel yang akan Anda salin Formatnya.
Tekan tombol Format Painter dan perhatikan sel sumber akan dikelilingi garis marquee. Pointer mouse berubah bentuk menjadi pointer Format Painter.
Gunakan pointer Format Painter untuk memilih sel atau range yang akan Anda format.
Perhatikan bahwa sel atau range yang Anda pilih akan diformat dengan format seperti sel sumber.
Anda dapat menggunakan pointer Format Painter untuk memformat lebih dari satu sel atau range dengan cara mengklik dua kali tombol Format Painter, kemudian bawa pointer Format Painter ke lokasi yang akan Anda format. Untuk mematikan pengaruh Format Painter, tekan sekali lagi tombol tersebut pada bagian toolbar Standard.
Peritah format yang dapat disalin adalah Font, Alignment, Number, dan beberapa format lainnya.

Memformat dengan Style
Style adalah sekelompok format yang diberi nama. Pada kondisi default, Microsoft Office Excel menggunakan Style dengan nama Normal untuk memformat worksheet. Anda dapat membuat style dan menggunakannya untuk memformat sel atau range dengan langkah cepat.
Selain style Normal yang dipakai sebagai format default pada workbook, Microsoft Excel menyediakan beberapa style yang dapat Anda gunakan, yaitu Comma, Comma [0], Currency, Currency [0], dan Percent.
Pada style Normal, format yang dipakai adalah format Number menggunakan General, Font yang dipakai adalah Arial 10, perataan teks General, Bottom Aligned, tanpa border atau garis bingkai sel, tanpa pattern dan semua sel dalam keadaan terkunci (locked).
Anda dapat mengubah format yang ada pada style Normal dengan menekan tombol Modify dan di layer akan ditampilkan kotak dialog Format Cells. Dengan kotak dialog Format Cells Anda dapat mengatur format yang dikehendaki.
Membuat style
Selain style yang sudah disediakan oleh Microsoft Office Excel, Anda dapat membuat style sendiri dengan konfigurasi format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kelebihan dari style adalah Anda dapat menggunakan format tersebut pada table yang lain. Untuk membuat style, ikuti langkah berikut :
Pilih perintah menu Format ► Style.
Pilih format untuk style yang Anda buat. Aktifkan kotak cek untuk nama format yang Anda butuhkan.
Jika isi format belum sesuai dengan yang Anda kehendaki, tekan tombol perintah Modify dan ubah format pada kotak dialog Format Cells.



Menampilkan/menyembunyikan nilai 0 (nol)
Secara default, nilai nol ditampilkan sebagai nilai 0 (nol). Anda dapat mengubah pilihan agar semua nilai nol pada worksheet sebagai sel kosong, atau Anda dapat memformat sel terpilih untuk disembunyikan. Anda juga dapat memformat sel untuk menyembunyikan semua data.
Prosedur yang dapat digunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan nilai nol pada worksheet adalah :
Pilih perintah menu Tools ► Options, lalu klik tab View.
Untuk menampilkan nilai nol dalam sel, pilih kotak cek Zero Values, dan untuk menampilkan nilai nol sebagai sel kosong, bersihkan kotak cek tersebut.
Menampilkan rumus pada worksheet
Pilihlah perintah menu Tools ► Options, kemudian klik tab View.
Untuk menampilkan rumus-rumus dalam sel, pilihlah kotak cek Formulas.

     A    B    C    D      
1         Nama     Gaji      
2         Karyawan    Pokok    Bersih      
3    1    Rahmad    950000    1045000      
4    2    Widi    900000    990000      
5    3    Wahyu    850000    935000      
6    4    Agung    850000    935000      
7    5    Purwanto    800000    880000      
     A    B    C    D      
1         Nama     Gaji      
2         Karyawan    Pokok    Bersih      
3    1    Rahmad    950000    =10%*C3+C3       
4    2    Widi    900000     =10%*C4+C4      
5    3    Wahyu    850000     =10%*C5+C5      
6    4    Agung    850000     =10%*C6+C6      
7    5    Purwanto    800000     =10%*C7+C7   
Beberapa format pada bagian Style.
3.    Untuk menampilkan kembali hasil perhitungan rumus dalam sel, bersihkan kotak cek Formulas.












Mengatur Tata Letak dan Mencetak

Fasilitas Print Preview
Untuk menampilkan hasil cetakan di layar, pastikan workbook yang aktif adalah workbook yang akan dicetak.
Dari toolbar Standard, tekan tombol Print Preview atau pilih perintah menu File ► Print Preview. Anda juga dapat menggunakan tombol Zoom untuk memperbesar atau memperkecil tampilan pada jendela Preview. Untuk melihat bagian tertentu, gulung layar dengan batang penggulung.

Mengatur Tata Letak Halaman
Ketika Anda bekerja dengan worksheet yang besar, mungkin Anda akan mengalami kesulitan untuk mencetak semua data dalam satu halaman. Barangkali Anda menghendaki penambahan informasi di bagian atas atau bagian bawah worksheet untuk menampilkan tanggal pencetakan, atau Anda perlu menampilkan nama file, nomor halaman atau informasi lainnya. Untuk mengatur semua itu, gunakanlah perintah menu File ► Page Setup atau tombol Setup pada jendela Preview untuk membuka kotak dialog Page Setup.
Kotak dialog Page Setup terdiri atas empat tabulasi, yaitu Page, Margins, Header/Footer, dan Sheet.

Mengatur Halaman
Menentukan orientasi pencetakan
Pada tab Page terdapat kelompok Orientation yang dapat Anda gunakan untuk menentukan orientasi pencetakan. Pilihan Portrait digunakan untuk mencetak data dengan format vertikal dan pilihan Landscape untuk mencetak data dengan format horizontal.
Mengatur skala pencetakan
Pada kotak dialog Page Setup tabulasi Page, pada kelompok Scaling terdapat dua tombol pilihan untuk mengatur skala pencetakan, yaitu Adjust to dan Fit to.
Jika Anda menggunakan pilihan Adjust to, Anda harus menentukan agar worksheet yang akan dicetak diperkecil sampai berapa persen dari ukuran normal, atau Anda dapat juga memperbesar ukuran worksheet dengan menentukan nilai di atas 100% sebagai ukuran normal.
Pada pilihan Fit to, Anda dapat menentukan bahwa worksheet yang akan dicetak diperkecil agar muat dalam satu halaman dengan menentukan ukurannya pada kotak teks Fit to.
Menentukan ukuran kertas
Ukuran kertas yang akan Anda pakai untuk mencetak dapat Anda tentukan pada kotak teks Paper Size. Tekan tombol Paper Size dan pilih ukuran kertas yang dikehendaki.
Mengatur nomor halaman
Kotak teks First page number digunakan untuk menentukan nomor halaman pertama worksheet yang akan Anda cetak. Nilai default yang terpasang adalah Auto, di mana Microsoft Excel akan memberi nomor halaman pertama yang Anda cetak dengan nomor 1 (satu).
Anda dapat menentukan nomor halaman dengan bilangan nol, positif atau negative. Pengaturan ini hanya berlaku jika Anda memasang nomor halaman pada header atau footer.
Mengatur margin halaman
Untuk mengatur margin dengan tabulasi Margins pada kotak dialog menu File ► Page Setup, pilihlah tabulasi Margins. Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin/ruang kosong di bagian tepi halaman cetak.
Mengatur posisi cetakan worksheet
Untuk mencetak worksheet yang tidak penuh satu halaman, Anda dapat mengatur posisi worksheet terhadap bidang pencetakan. Pada bagian Center on page pada kotak dialog Page Setup tabulasi Page, Anda dapat mengaktifkan kotak cek :
Horizontally agar hasil pencetakan worksheet diletakkan di bagian tengah secara horizontal.
Vertically agar hasil pencetakan worksheet diletakkan di bagian tengah secara vertikal.
Mengatur margin dalam jendela preview
Untuk mengatur margin dan lebar kolom pada jendela Preview, ikuti langkah berikut :
Pilih perintah menu File ► Print Preview, atau tekan tombol Print Ptreview.
Pada jendela Preview, tekan/aktifkan tombol Margis.
Pada lembar kerja Preview akan ditampilkan garis pembatas margin, pembatas header dan footer, dan pembatas lebar kolom.
Geser pointer mouse ke kotak handle/garis pembatas margin atau kotak handle lebar kolom yang akan Anda ubah ukurannya sehingga pointer berubah menjadi simbol plus dengan dua mata anak panah.
Klik dan geser handle untuk mengubah ukuran margin dan ukuran lebar kolom.
Tekan tombol Close untuk keluar dari jendela Preview.

Membagi Worksheet
Ketika Anda mencetak dokumen yang benar, pergantian halaman akan disisipkan secara otomatis pada sel yang paling dekat dengan margin. Halaman otomatis belum tentu sesuai dengan rancangan spreadsheet Anda. Jika Anda ingin menyisipkan pergantian atau pembagian halaman pada baris-baris tertentu, pilihlah sebuah baris dan jalankan perintah menu Insert ► Page Break. Batas perpindahan halaman akan ditandai dengan garis putus-putus sebagai tanda pemisah.
Mengatur urutan pencetakan
Ada dua pilihan urutan pencetakan yang dapat Anda gunakan, yaitu :
Down, then over, untuk mengatur urutan pencetakan dari halaman pertama, turun pada halaman di bawahnya untuk halaman kedua, menyilang ke atas untuk urutan ketiga, kemudian turun ke halaman di bawahnya, dan seterusnya.
Over, then down, untuk mengatur urutan pencetakan dari halaman pertama, ke samping pada halaman di kanannya untuk halaman kedua, menyilang ke bawah untuk urutan ketiga, kembali ke samping ke halaman di kanannya, dan seterusnya.

Menambah Header dan Footer
Anda dapat mengubah isi header (judul kepala) dan footer (judul kaki) dalam dokumen, seperti menampilkan tanggal dan waktu pencetakan atau Anda atur sendiri dari header dan footer tersebut.
Format untuk header dapat Anda pilih dengan menekan tombol kotak daftar Header. Sedangkan format untuk footer dapat Anda pilih dengan menekan tombol kotak daftar Footer.
Ada tiga bagian untuk format header atau footer, yaitu Left section (teks diformat rata kiri), Center section (teks diformat rata tengah), dan Right section (teks diformat rata kanan).

Mencetak Worksheet
Setelah Anda mengatur tata letak halaman, maka Anda dapat mencetak halaman-halaman tersebut. Untuk mencetak worksheet, Anda dapat menggunakan tombol Print pada toolbar Standard, menggunakan shortcut key Ctrl+P, atau menjalankan perintah menu File ► Print. Jika Anda menggunakan tombol Print pada toolbar Standard, maka worksheet akan dicetak langsung ke printer default sesuai dengan format dan pilihan pencetakan yang pernah Anda berikan sebelumnya.
Jika Anda menggunakan perintah menu File ► Print, maka Anda dapat mengatur pilihan tambahan sebelum mencetak seperti jumlah pencetakan atau pilihan halaman pencetakan.
Untuk menjalankan perintah Print, Anda juga dapat menggunakan tombol Print dari jendela Print Prevew atau dari kotak dialog Page Setup, selanjutnya tampil kotak dialog Print.












Bekerja dengan Database

Menyaring daftar dengan AutoFilter
Menyaring daftar dengan kriteria
Untuk menyaring daftar dengan AutoFilter, ikuti langkah-langkah berikut :
Pilih judul daftar atau nama field.
Pilih perintah menu Data ► Filter ► AutoFilter.

Mengurutkan Data
Langkah untuk mengurutkan data adalah sebagai berikut :
Pilih range dari daftar yang akan Anda urutkan, atau letakkan posisi pointer di salah satu sel dalam daftar tersebut.
Pilih perintah menu Data ► Sort.
·    Sebagai kunci pengurutan tingkat pertama, pilih Jurusan dengan cara pengurutan Ascending.
·    Sebagai kunci pengurutan tingkat kedua, pilih Asal dengan cara pengurutan Ascending.
·    Sebagai kunci pengurutan tingkat ketiga, pilih IP dengan cara pengurutan Descending.
Jika range daftar yang akan diurutkan memiliki judul baris, pada kelompok My list has, pilih Header Row. Tekan OK.
·    Jika Anda mengurutkan data pada kolom tunggal, Anda dapat dengan cepat menggunakan tombol Sort Ascending atau Sort Descending pada toolbar Standard.
·    Jika Anda mengurutkan data teks secara Ascending, maka daftar akan diurutkan secara menaik mulai dari angka yang memiliki nilai terkecil sampai nilai terbesar.
·    Jika Anda mengurutkan data teks secara Descending, maka daftar akan diurutkan secara menurun mulai dari angka yang memiliki nilai terbesar sampai nilai terkecil.


Bekerja dengan Objek Gambar

Menyisipkan Objek ClipArt
Menyisipkan objek
Pilihan ClipArt digunakan untuk membuka jendela task pane ClipArt yang berisi kumpulan kelompok gambar yang dapat Anda pilih untuk disisipkan pada worksheet. Prosedur untuk menyisipkan objek gambar ClipArt adalah :
Pilih perintah menu Insert ► Picture ► ClipArt, sehingga akan tampil jendela task pane ClipArt.
Klik pilihan Organize Clips untuk membuka lembar kerja Microsoft Clip Organizer yang berisi objek-objek gambar yang dapat disisipkan.
Pilih salah satu kelompok gambar yang akan disisipkan, misalnya kelompok Academics pada bagian Collection List, sehingga akan tampil beberapa pilihan gambar dari kelompok tersebut.
Klik gambar yang akan disisipkan, kemudian geser ke dalam dokumen yang terbuka.

Menyisipkan File Objek Gambar
Pilihan From File digunakan untuk menyisipkan file gambar yang sudah ada pada posisi sel aktif. Prosedur untuk menyisipkan file objek gambar ke dalam lembar kerja Microsoft Excel adalah :
Pilih perintah menu Insert ► Picture ► From File untuk menampilkan kotak dialog Insert Picture.
Pada kotak dialog Insert Picture, pilih folder yang berisi file gambar yang akan disispkan, kemudian pilih file gambarnya. Gambar akan ditampilkan pada jendela Preview bagian kanan. Klik tombol Insert untuk mengakhiri proses dan menyisipkan gambar tersebut pada posisi sel aktif.

Membuat Teks Artistik (WordArt)
Pilihan WordArt digunakan untuk membuat objek teks artistik dengan formasi teks yang dapat Anda modifikasi sendiri.
Pilih perintah menu Insert ► Picture ► WordArt untuk menampilkan kotak dialog WordArt Gallery.
Pilih jenis/format teks artistic yang diinginkan dan klik OK.
Kotak dialog Edit WordArt Text menampilkan teks “YOUR TEXT HERE”. Ketik teks pengganti pada kotak Text.
Sebelum mengakhiri proses, pilih jenis font pada kotak Font. Ubah ukuran font pada kotak Size dan sekaligus aturlah apakah teks akan dicetak tebal atau dicetak miring.
Klik OK untuk mengakhiri proses.

























Menggambar Objek dengan Drawing

Menggambar Objek
Anda dapat membuat beberapa objek dengan tombol Line, Arrow, Rectangle, Oval, dan Text Box (teks di dalam kotak), sesuai dengan gambar tombol objek. Cara menggunakan garis (line) adalah :
Klik tombol tersebut, bawa mouse ke lembar kerja. Bawa pointer mouse tersebut ke tempat di mana objek akan di buat, klik dan geser kea rah yang diinginkan. Objek sudah terbentuk dan dibatasi tanda kotak yang disebut kotak handle.
Mengatur bentuk objek
Anda dapat mengatur bentuk objek gambar yang telah Anda buat dengan menggunakan kotak pengatur objek berwarna kuning yang terletak pada sisi objek.
Ikuti langkah berikut untuk mengatur bentuk objek gambar :
Arahkan pointer mouse pada kotak pengatur objek.
Klik dan tahan pointer mouse kea rah yang Anda inginkan.
Mengganti objek
Anda bias mengganti bentuk dan pilihan objek yang telah terpasang dengan menggunakan tombol perintah Draw yang terdapat dalam toolbar Drawing.
Pilih salah satu objek yang akan diganti bentuknya.
Dari toolbar Drawing, pilih tombol Draw. Kemudian pilihlah perintah Change AutoShape dan objek gambar penggantinya.











Menyunting Objek Gambar

Mengatur Urutan Tampilan Objek
Tampilan objek gambar yang saling tumpang-tindih dengan objek gambar yang lain dapat Anda atur dengan perintah Order dari tombol Draw yang terdapat dalam toolbar Drawing.
Sebagai contoh, ikuti prosedur untuk memindahkan urutan objek berikut ini :
Pilih objek gambar anak panah.
Pada toolbar Drawing, klik tombol Draw dan perintah Order, kemudian pilih perintah Send Backward.

Mengatur Format 3-Dimensi
Mengatur arah dimensi objek gambar
Anda dapat mengatur arah dimensi dari objek gambar yang terpilih, dengan mengklik tombol Direction pada toolbar 3-D Settings.
Mengatur tata cahaya objek gambar
Anda dapat mengatur tata pencahayaan objek gambar dengan mengklik tombol Lighting pada toolbar 3-D Settings.
Mengatur Warna objek gambar
Anda dapat mengatur warna objek gambar dengan mengklik tombol 3-D Color. Langkah berikutnya, pilih warna atau klik pilihan More 3-D Colors untuk memilih warna lain.
Mematikan efek tiga dimensi objek
Apabila Anda ingin menormalkan tampilan objek gambar ke format semula, gunakan tombol 3-D On/Off pada toolbar 3-D Settings. Klik tombol yang sama untuk mengaktifkan kembali efek tiga dimensi pada objek gambar yang terpilih.






Memodifikasi Diagram/Chart
Mengubah Jenis Diagram
Gunakanlah fasilitas toolbar Chart untuk memilih tombol Chart Type untuk mengubah jenis diagram yang akan Anda pasang. Pilihan jenis diagram yang akan Anda gunakan akan ditampilkan. Apabila toolbar Chart yang akan Anda gunakan tidak tampak pada lembar kerja Microsoft Excel, maka gunakan perintah menu View ► Toolbar ►Chart.

Menghapus dan Menambah Data
Menghapus rangkaian data 
Menghapus rangkaian data pada diagram dapat dilakukan dengan mudah. Caranya, aktifkan objek diagram dan pilihlah item rangkaian data yang akan dihapus. Tekan tombol Delete, atau pilih perintah menu Edit ► Clear, kemudian pilih Series.
Menambahkan rangkaian data
Prosedur yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan rangkaian data pada diagram adalah :
Pastikanlah diagram dalam kondisi aktif.
Jalankan perintah menu Chart ► Add Data, sehingga kotak dialog Add Data akan tampil.
Pada kotak Range, Anda diminta untuk memasukkan dan memilih range data yang baru. Sebagai contoh, Anda akan menambahkan data untuk bulan Januari (Jan).
Klik OK untuk mengakhiri proses.









Yang Baru di Microsoft Excel 2003

Membuat Daftar/Database
Prosedur untuk membuat daftar dari sebuah data tabel yang sudah ada adalah :
Buka file workbook yang telah berisi data tabel.
Pilih perintah menu Data ►List ►Create List, sehingga tampil kotak dialog Create List.
Bloklah range yang memuat table sumber data, mulai dari sel yang berisi judul tabel sampai dengan sel yang terakhir berisi data. Kemudian, klik OK dan perhatikan hasilnya.

Menambahkan Nilai Total
Nilai total merupakan nilai hasil perhitungan total yang diltakkan pada bagian sudut kanan-bawah tabel. Prosedur untuk menambahkan nilai total adalah klik tombol Toggle Total Row pada toolbar List.

Menambahkan Baris Data
Anda dapat memanfaatkan fasilitas form untuk menambahkan baris-baris data baru. Caranya sebagai berikut :
Pastikan pointer Anda terletak dalam daftar, kemudian klik tombol List pada toolbar List dan klik perintah menu Form.
Klik tombol New untuk menggosongkan kotak-kotak isian form, dan ketik baris data baru pada kotak-kotak isian yang telah dikosongkan tersebut.
Klik tombol Close untuk mengakhiri proses penambahan data.








Referensi Fungsi

Ada beberapa fungsi Microsoft Excel yang merupakan fungsi-fungsi analisis (Analysis ToolPak). Jika Anda ingin memanfaatkan fungsi dalam kelompok ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu kemampuan Analysis ToolPak.
Pilih perintah menu Tools ► Add-Ins, sehingga tampil kotak dialog Add Ins.
Klik kotak cek Analysis ToolPak untuk mengaktifkan pilihan tersebut dan klik tombol OK.
Fungsi Matematika dan Trigonometri
Ø    Fungsi ABS
Bentuk    : ABS X
Untuk menetukan harga mutlak (absolut) suatu nilai numerik.
Aergumen X adalah nilai bertipe numerik.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=ABS(21)    Nilai absolut dari 21    21      
=ABS(-5)    Nilai absolute dari -5    5   

Ø    Fungsi COMBIN
Fungsi    : COMBIN (X,Y)
Untuk menentukan jumlah kombinasi yang mungkin dapat dibentuk dari sekumpulan benda.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=COMBIN(9,2)    Nilai kemungkinan dari 2 kelompok tim yang dapat diformasikan dari 9 anggota.    36      
=COMBIN(8,2)    Nilai kemungkinan dari 2 kelompok tim yang diformasikan dari 8 anggota.    28   
Ø    Fungsi COS
Bentuk    : COS(X)
Untuk menghasilkan nilai Cosinus X, dengan X dalam satuan radian (radian=180 derajat). Untuk mengubah nilai sudut dari derajat ke radian, kalikan sudut derajat dengan nilai PI()/180.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=COS(PI()/3)    Nilai cosinus dari PI()/3 radian    ½ atau 0.5      
=COS(60*PI()/180)    Nilai cosinus dari 60 derajat    ½ atau 0.5   

Ø    Fungsi RADIANS
Bentuk    : RADIANS(X)
Untuk mengubah nilai sudut dari satuan derajat ke nilai sudut dengan satuan radian. Argumen X adalah sebuah bilangan yang mewakili sudut dalam satuan derajat.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=RADIANS(90)    Nilai 90 dalam satuan derajat diubah ke satuan radian.    1.570796      
=RADIANS(60)    Nilai 90 dalam satuan derajat diubah ke satuan radian.    1.047198   

Ø    Fungsi SIN
Bentuk    : SIN(X)
Untuk menghasilkan nilai sinus, nilai yang dihasilkan fungsi SIN yang memiliki kisaran antara -1 sampai 1.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=SIN(RADIANS(30))    Menghitung nilai sinus dari nilai sudut 30 derajat.    0.5      
=SIN(30*PI()/180)    Menghitung nilai sinus dari nilai sudut 30 derajat.    0.5   

Fungsi Teks dan Data
Ø    Fungsi LEFT
Bentuk    : LEFT(X,Y)
Untuk mengambil beberapa huruf dari suatu data teks dari posisi sebelah kiri.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=LEFT(“Microsoft”,5)    Mengambil 5 karakter pertama dari teks Microsoft.    Micro      
=LEFT(“Microsoft”)    Mengambil 1 karakter pertama dari teks Microsoft.    M      
=LEFT(“Microsoft”,2)    Mengambil 2 karakter pertama dari teks Microsoft.    Mi   

Ø    Fungsi TEXT
Bentuk    : TEXT(X,Y)
Untuk mengubah nilai numerik menjadi data teks dan sekaligus menampilkannya dengan format angka tertentu.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=TEXT(2800,”$0.00”)    Menghasilkan data teks dari nilai 2800 dengan format $0.00    $2800.00      
 =TEXT(40,”0%”)    Menghasilkan data teks dari nilai 40 dengan format 0%    40%      
=TEXT(“3/15/83”,”dd-mmmm-yy”)     Kombinasi data tanggal dengan format dd-mmmm-yy    15-March-83   








Fungsi Statistik
Ø    Fungsi AVERAGE
Bentuk    : AVERAGE(X1,X2,…)
Untuk menghasilkan nilai rata-rata dari sederetan argumen.
Contoh    :

     A      
1    DATA      
2    10      
3    7      
4    9      
5    27      
6    2   
    Data Input

Rumus    Keterangan    Hasil      
 =AVERAGE(A2:A6)    Menghasilkan nilai rata-rata dari sel A2 sampai sel A6.    11      
=AVERAGE(A2:A6,5)    Nilai rata-rata dari nilai di atas dengan nilai 5.    10   

Ø    Fungsi MAX
Bentuk    : MAX(X1,X2,X3,…)
Untuk menghasilkan nilai maksimal atau terbesar dari sederetan bilangan.
Contoh    :

     A      
1    DATA      
2    10      
3    7      
4    9      
5    27      
6    2   
Data Input

Rumus    Keterangan    Hasil      
=MAX(A2:A6)    Nilai tertinggi dari angka pada range A2:A6.    27      
=MAX(A2:A6,30)    Nilai tertinggi dari angka pada range A2:A6 dan nilai 30.    30   


Fungsi LOGIKA
Ø    Fungsi AND
Bentuk    : AND(X1,X2,X3,…)
Untuk menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang terpasang bernilai benar dan akan menghasilkan nilai FALSE jika ada satu atau lebih argumen bernilai salah.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=AND(True,True)    Semua argumen adalah True    TRUE      
=AND(True,False)    Salah satu argumen adalah False    FALSE      
=AND(2+2=4,2+3=5)    Semua argumen nilai adalah True    TRUE   

Ø    Fungsi OR
Bentuk    : OR(X1,X2,X3,…)
Untuk menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai benar, menghasilkan FALSE jika semua argumen bernilai salah.
Contoh    :

Rumus    Hasil      
=OR(TRUE,FALSE,TRUE)    TRUE      
=OR(2+2=4,4>2)    TRUE      
=OR(FALSE,FALSE)    FALSE   

Fungsi Date/Time
Ø    Fungsi DATE
Bentuk    : DATE(X,Y,Z)
Untuk menuliskan suatu data tanggal. Umumnya digunakan pada rumus-rumus yang berkaitan dengan penulisan data tanggal.
Contoh    :

Rumus    Keterangan    Hasil      
=DATE(83,3,15)    Menghasilkan nilai data tanggal dari tanggal 15 Maret 1983    30390 atau 3/15/1983      
=DATE(97,4,18)    Menghasilkan nilai data tanggal dari tanggal 18 April 1997     35538 atau 4/18/1997   
Ø    Fungsi TIME
Bentuk    : TIME(X,Y,Z)
Untuk menghasilkan nilai numerik data waktu. Nilai numerik yang dihasilkan fungsi TIME adalah pecahan desimal mulai dari 0 sampai 0.99999999, yang menunjukkan waktu dari 0:00:00 (12:00:00 A.M.) sampai 23:59:59 11:59:59  P.M.)
Contoh    :   

Rumus    Keterangan    Hasil      
=TIME(12,0,0)    Menghasilkan data waktu dari jam 12:0:0    0.5 (12:00:00 P.M.)      
=TIME(16,48,10)    Menghasilkan data waktu dari jam 16:48:10    0.700115741 (4:48:10 P.M.)   





















PENUTUP

Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah kata, menjadikan software ini paling banyak dipakai oleh operator komputer, karena keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Pembelajaran secara berkala akan lebih membuat proses pemahaman lebih singkat dan mudah. Untuk itu, hanya perlu beberapa hari menjadi mahir dalam proses mempelajari materi Microsoft Excel.